Tugas Kuliah Ilmu Alamiah Dasar

MEMBANDINGKAN KARYA ILMIAH DENGAN NON ILMIAH



NAMA                                                    : ZEINA APRILIA
NPM                                                       : 47218586
KELAS                                                   : 1DA02








UNIVERSITAS GUNADARMA 
TAHUN AJARAN 2018/2019












PERBEDAAN KARYA ILMIAH DAN NON ILMIAH

KARYA ILMIAH

1.      PENGERTIAN KARYA ILMIAH
Ada beberapa pengertian karya ilmiah,yaitu:
    a.      Menurut Brotowidjoyo karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.
    b.      Menurut Susilo, M.Eko (1995:11) Karya ilmiah dapat juga berarti tulisan yang didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenerannya/keilmihannya.
   c.       Karya ilmiah merupakan karya tulis yang isinya berusaha memaparkan suatu pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang peneliti atau penulis. Untuk memberitahukan suatu hal secara logis dan sistematis kepada para pembaca.

Dapat kita simpulkan karya ilmiah adalah suatu karangan yang menyajikan fakta atau didasari hasil pengamatan dan ditulisnya secara sistematis serta isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

2.      CIRI-CIRI KARYA ILMIAH

a.      Objektif
Keobjektifan ini menampak pada setiap fakta dan data yang diungkapkan berdasarkan kenyataan yang sebenarnya,tidak memanipulasi. Jadi,siapa pun bisa mengecek kebenarannya dan keabsahannya.
b.      Netral
Kenetralan ini terlihat pada setiap pernyataan atau penilaian bebas dari kepentingan-kepentingan tertentu baik kepentingan pribadi maupun kelompok. Oleh karena itu, pernyataan yang bersifat membujuk,mengajak atau mempengaruhi pembaca perlu dihindari.

c.       Sistematis
Ilmiah dikatakan sistematis apabila mengikuti pola pengembangan tertentu, misalnya pola urutan,klasifikasi,kausalitas dan sebagainya.
d.      Logis
Logis ini dapat dilihat dari pola nalar yang digunakannya, pola nalar induktif dan deduktif. Kalau bermaksud menyimpulkan suatu data dan fakta digunakan pola induktif. Sebaliknya kalua bermaksud membuktikan suatu teori atau hipotesis maka diperlukan pola deduktif.
e.       Menyajikan Fakta (bukan emosi atau perasaan)
Setiap pernyataan,uraian atau simpulan dalam karya ilmiah harus faktual, yaitu menyajikan fakta. Oleh karena itu, pernyataan atau ungkapan yang emosional hendaknya dihindarkan.
f.        Tidak Pleonastis
Maksudnya kata-kata yang digunakan tidak berlebihan alias hemat kata-katanya atau tidak terbelit-belit (langsung tepat menuju sasaran).
g.      Bahasa yang digunakan adalah ragam formal

3.      SYARAT KARYA ILMIAH
Berikut ini adalah syarat-syarat karya ilmiah :
a.       Karya tulis ilmiah memuat gagasan ilmiah lewat pikiran dan alur pikiran
b.      Keindahan karya tulis ilmiah terletak dengan bangun pikir dengan unsur-unsur yang menyangganya
c.       Alur pikir dituangkan dalam sistematika dan notasi
d.      Karya ilmiah terdiri dari unsur-unsur,kata,table,angka dan gambar yang tersusun mendukung alur pikir yang teratur.
e.       Karya tulis ilmiah harusmampu mengekspresikan asas-asas yang terkandung dalam hakikat ilmu dengan mengindahkan kaidah-kaidah kebahasaan



4.      JENIS KARYA ILMIAH
Secara garis besar karya ilmiah, karya ilmiah diklasifikasikan menjadi dua, yaitu karya ilmiah pendidikan dan karya ilmiah penelitian.
                a.       Karya Ilmiah Pendidikan
  Karya ilmiah pendidikan digunakan tugas untuk meresume pelajaran,serta sebagai persyaratan mencapai suatu gelar pendidikan. Yang terdiri dari :
      a)      Paper (Karya Tulis)
     Adalah karya ilmiah yang berisi rangkuman atau resume dari suatu mata kuliah tertentu. Tujuannya untuk melatih mahasiswa dalam mengambil intisari di mata kuliah atau ceramah yang diajarkan oleh dosen,penulisan ini agak diperdalam.
     b)      Pra Skripsi
    Adalah karya tulis ilmiah pendidikan yang digunakan sebagai persyaratan mendapatkan gelar sarjana muda. Karya tulis ini disyaratkan bagi mahasiswa akademik atau setingkat diploma 3 (D-3)
    c)      Skripsi
     Adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan pendapat orang lain. Pendapat yang diajukan harus di dukung oleh data dan fakta-fakta empiris
   d)      Thesis
     Adalah suatu karya ilmiah yang sifatnya lebih mendalam daripada skripsi, thesis merupakan syarat untuk mendapatkan gelar magister (S-2)
   e)      Disertasi
    Adalah suatu karya tulis yang mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan fakta ankurat dengan analisis terinci. Penulis disertasi berhak menyandang gelar Doctor

            b.      Karya Ilmiah Penelitian
    1.      Makalah Seminar
          a)      Naskah Seminar
       Adalah karya ilmiah yang berisi uraian dari topik yang membahas suatu permasalahan yang akan disampaikan dalam forum seminar. Naskah ini bisa berdasarkan hasil penelitian dan pemikiran murni.
          b)      Naskah Bersambung
         Hanya penyajiannya saja yang dilakukan secara bersambung,atau bisa juga dapat berisikan hasil dari suatu kegiatan penelitian meskipun masih dalam tahap awal.
  2.      Laporan Hasil Penelitian
        Adalah bagian dari bentuk karya tulis ilmiah yang cara penulisannya dilakukan secara relatif singkat.
  3.      Jurnal Penelitian
        Adalah buku yang terdiri dari asal penelitian dan resensi buku. Penelitian jurnal ini harus teratur continue dan mendapatkan nomor dari perpustakaan nasional berupa ISSN (International Standar Serial Number)

          KARYA TULIS NON ILMIAH
1.    PENGERTIAN KARYA TULIS NON ILMIAH
Karya Non-Ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari,bersifat subyektif, tidak di dukung fakta umum, dan biasanya mengguanakan Bahasa yang popular atau biasa digunakan (tidak terlalu formal).
2.      CIRI-CIRI
       a.       Ditulis berdasarkan fakta pribadi
       b.      Fakta yang disimpulkan subyektif
       c.       Gaya Bahasa konotatif dan popular
       d.      Bersifat imajinatif
       e.       Tidak memuat hipotesis
       f.        Bersifat persuasive
       g.      Tanpa dukungan bukti

Jenis- jenis yang termasuk karya tulis non-ilmiah adalah dongeng,cerpenn,novel,drama dan roman.

PERBEDAAN KARYA ILMIAH DENGAN NON – ILMIAH
     Istilah karya ilmiah dan non – ilmiah merupakan istilah yang sudah sangat lazim diketahui orang dalam dunia tulis-menulis. Kedua – duanya memiliki perbedaan yang signifikan. Pertama, karya ilmiah harus merupakan pembahasan suatu hasil penelitian (faktual objektif). Faktual objektif adalah adanya kesesuaian antara fakta dan objek yang diteliti. Kesesuaian ini harus dibuktikan dengan pengamatan atau empiris. Kedua, karya ilmiah harus bersifat metodis dan sistematis. Artinya, dalam pembahasan masalah digunakan metode atau cara-cara tertentu dengan langkah-langkah yang teratur dan terkontrol melalui proses pengidentifikasian masalah dan penentuan strategi. Ketiga, dalam pembahasannya, tulisan ilmiah menggunakan ragam bahasa.














DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan Populer