DINAMIKA DAN TANTANGAN PENEGAKAN HUKUM BERKEADILAN DI INDONESIA

DINAMIKA & TANTANGAN PENEGAKAN HUKUM BERKEADILAN DI INDONESIA




Gambar terkait


       Pelaksanaan the rule of  law mengandung keinginan untuk terciptaknya negara hukum, yang membawa keadilan bagi seluruh rakyat. Indonesia merupakan negara hukum, sangat banyak sekali hukum – hukum yang tertulis di negara ini artinya semua penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan serta kemasyarakatannya berdasarkan atas hukum, bukan didasarkan atas kekuasaan belaka. Tetapi, tidak semua orang yang menegakan hukum di Indonesia,bahkan tidak adil. Di Indonesia, hukum itu bagaikan bisa dibeli dengan uang, jadi orang yang bersalah tetapi mempunyai duit yang banyak,maka ia bisa lepas dari hukuman itu. Atau kita sering mendengar peribahasa “Runcing ke bawah tumpul ke atas” persoalannya, penegakan hukum di Indonesia ini masih dipandang lemah .
         
             Indonesia mempunyai pelaku kekuasaan kehakiman yang disebutkan dalam pasal 24 UUD NRI 1945. Siapakah yang berwenang? Yaitu MA(Mahkamah Agung), KY(Komisi Yudisial), dan MK(Mahkamah Konstitusi). Tiga lembaga negara tersebut memiliki kekuasaan kehakiman yang tugas pokoknya untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan. Persoalannya, apakah lembaga – lembaga negara dan badan – badan penegak hukum tersebut telah berjalan dan berfungsi sesuai dengan tugasnya? Benarkah aparatur penegak hukum telah bertugas dengan baik? Harusnya mereka bisa memberikan contoh yang baik untuk rakyat Indonesia. Berdasarkan pengalaman berbagai negara dan hasil kajian menunjukkan bahwa keberhasilan “the enocerment of the rules of law” tergantung kepada kepribadian nasional masing – masing bangsa (Sunarjati Hartono, 1982).

          Pasti kalian pernah berpikir mengapa setelah Indonesia merdeka lebih dari setengah abad justru masih marak terjadi kasus – kasus ketidakadilan sosial dan hukum yang belum diselesaikan dan ditangani secara tuntas? Siapa yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah konflik dan kekerasan? Terus ada kasus juga dimana seorang nenek dihukum dan dipenjara sampai 15 tahun hanya mencuri sebuah singkong karena kelaparan,sedangkan para pejabat yang korupsi memakan uang rakyat,yang rakyat Indonesia berjuta – juta jiwa tetapi hanya dipenjara beberapa tahun saja,bahkan masih di beri beberapa fasilitas yang eksklusif di penjara. Sungguh tidak adil hukum di Indonesia ini. Jadi, sudah terlihat jelaskan bagaimana penegakan hukum di Indonesia ini? Dimana yang berduit pasti akan menang.
      
               Jadi, yang perlu kita ketahui penegakan hukum di Indonesia masih menghadapi masalah dan tantangan untuk memenuhi rasa keadilan masyarakat. Penegakan hukum sangat penting sehingga masyarakat merasa memperoleh perlindungan akan hak – hak dan kewajibannya.







REFERENSI :

1.   Universitas Gunadarma, Diktat Kuliah Pendidikan Pendidikan Kewarganegaraan, Edisi 2006
2.  https://www.academia.edu/19256679/DINAMIKA_PELAKSANAAN_PENEGAKAN_HUKUM_DI_INDONESIA


Komentar

Postingan Populer