KRITERIA PEMIMPIN IDEAL


TUGAS SOFTSKILL
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
"KRITERIA PEMIMPIN IDEAL"

      A.    PEMIMPIN IDEAL
Masyarakat Indonesia sedang dihadapi dengan yang namanya PEMILU (Pemilihan Umum) dimana kita harus bisa menilai para calon pemimpin atau presiden negara kita. Kita tidak boleh asal atau sembarangan memilih pemimpin,karena pemimpin itu harus bisa bertanggung jawab terhadap tugasnya,dan juga tidak semena – mena. Memang untuk memilih pemimpin yang ideal ini sangat rumit,pasti setiap orang mempunyai masing – masing pendapat yang berbeda dan pandangan yang berbeda. Pemimpin itu bukan hanya sebutan untuk Presiden saja,tetapi di dalam suatu organisasi atau kelompok harus ada itu Pemimpin,karena kalau tidak ada pemimpin,nanti siapa yang akan bertanggung jawab sepenuhnya? Dan siapa yang akan membina seluruh anggotanya? Mengukur keberhasilan kepemimpinan seseorang bukan hanya dinilai dari hasil yang ia capai, namun juga seberapa baik respon dari bawahannya. Disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Pemimpin dan Kepemimpinan,karena kata itu saling berhubungan.
Kepemimpinan dan pemimpin adalah dua hal berbeda. Jika pengertian pemimpin adalah manusia atau pelakunya, maka kepemimpinan adalah cara atau sifat dari pelaku. 
Pemimpin mempunyai macam-macam pengertian menurut para ahli,dan saya hanya mengambil beberapa saja. Berikut dibawah ini :
1.       Menurut Hasibuan (2011:157), pemimpin adalah seseorang yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam mencapai suatu tujuan.
2.      Menurut Kartono (2010:18), pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan dan kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.

Sedangkan untuk pengertian kepemimpinan juga ada beberapa ahli yang berpendapat. Berikut dibawah ini :
1.       Menurut Rivai (2004:2) kepemimpinan (leadership) adalah proses mempengaruhi atau memberi contoh kepada pengikut-pengikutnya lewat proses komunikasi dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
2.       Kartono (2008:5-8) berpendapat bahwa kepemimpinan merupakan salah relasi dan pengaruh antara pemimpin dengan yang dipimpin. Kepemimpinan tersebut muncul dan berkembang sebagai hasil dari interaksi otomatis anatara pemimpin dengan orang-orang yang dipimpinnya.

       B.     KRITERIA PEMIMPIN IDEAL
1.       Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Cerdas
Seorang pemimpin yang ideal akan mampu berfikir luwes dan memiliki ide-ide segar  atau kreatif untuk keberlangsungan kepentingan kelompoknya.
2.       Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Berinisiatif
Pemimpin yang berinisiatif adalah pemimpin yang mempunyai kesadaran atau peka terhadap apapun yang ada disekitarnya. Dengan sifat inisiatif yang ada dalam diri  pemimpin, kekuatan diri dari tiap anggota untuk menjalankan misi kelompok pun akan terjamin dengan baik.
3.       Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Bertanggung jawab
Pemimpin yang bertanggung jawab adalah pemimpin yang tetap teguh dan mampu  berfikir taktis untuk menerima segala resiko yang timbul dari keputusan yang diambil. Jadi, pemimpin itu tidak masa bodo terhadap apa yang dia lakukan.
4.       Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Dapat Dipercaya
Pemimpin yang amanah,dan dapat menyampaikan pesan dengan baik. Dengan pemimpin yang dapat dipercaya, setiap anggota akan merasa lebih terpacu untuk menyatukan hati dan menciptakan keseragaman kelompok demi terciptanya keutuhan.
5.       Pemimpin Ideal adalah Pemimpin yang Jujur
Pemimpin yang jujur yaitu pemimpin yang tidak menutupi suatu keadaan,jadi sebagai pemimpin harus terbuka dengan rakyatnya. Pemimpin ideal dengan tingkat kejujuran tinggi akan mendapatkan kepercayaan yang luas dari kelompoknya.
6.       Pemimpin Ideal adalah Memiliki Pola Hubungan Yang Baik
Pemimpin sukses mampu menciptakan pola hubungan dengan baik agar individu, dengan menggunakan wewenang dan pengaruhnya terhadap sekelompok orang agar bekerja sama dalam mencapai tujuan yang dikehendaki bersama.
7.       Pemimpin Ideal adalah Sebagai Pendengar yang Baik
Pemimpin yang ideal itu adalah yang mau mendengar keluh kesah dari masyarakat atau anggotanya,serta dia mau menerima aspirasi rakyatnya untuk kepentingan bersama.


       C.     KESIMPULAN
Disini dapat saya simpulkan bahwa menjadi seorang pemimpin itu tidaklah hanya sekedar wajah yang rupawan atau karena harta nya yang banyak,tetapi disini pemimpin itu harus bisa Amanah, Jujur, Bertanggung Jawab, Cerdas, Rela berkorban dan sebagainya,kriteria ini tidak harus untuk menjadi Kepala Negara saja,tetapi untuk pemimpin di lingkungan keluarga,sekolah,masyarakat, dan lingkungan pekerjaan kita juga harus punya kriteria tersebut. Karena di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang menyalahgunakan kekuasaan karena memandang status dan kekayaan yang melekat pada dirinya, sehingga mereka melakukan dengan semena-mena nya.
 Disini kita juga bisa tahu dan menyadari betapa pentingnya kedudukan seorang pemimpin,jangan sampai kita salah memilih pemimpin baik itu dari pemimpin tingkatan rendah, Kepala Rumah Tangga, Ketua RT, Ketua RT, Lurah, Camat, dan sampai tingkat tertinggi yaitu Bupati atau Walikota, Gubernur, Menteri, Presiden. Pemimpin yang baik itu intinya Pemimpin yang JUJUR dan BERTANGGUNG JAWAB,karena pemimpin yang BERTANGGUNG JAWAB itu pasti dia sudah tahu apa tugasnya dan semua masa depan anggota atau rakyatnya ada ditangan seorang pemimpin. Begitu pun pemimpin yang JUJUR maka dia amanah,dapat dipercaya,dan tidak mengada – ngada atau melebih – lebihkan sesuatu.
Semua orang mempunyai hak pilih nya masing – masing,dan pasti mempunyai kandidat yang di ungguli atau diharapkan untuk menjadi pemimpin di masa depan. Dan apabila kandidat yang kita pilih ini tidak menang kita harus bisa menerimanya,jangan sampai hal seperti ini kita menjadi terpecah belah,dan juga pada saat pemilihan pemimpin atau ketua kita sebagai pemilih jangan curang,kita harus sportif.




REFERENSI
1. http://digilib.unila.ac.id/4309/15/BAB%20II.pdf
2. https://www.kata.co.id/Pengertian/Kepemimpinan/2514
3. https://www.academia.edu/35003990/CIRI_IDEAL_PEMIMPIN_PENTINGNYA_KEPEMIMPINAN





Komentar

Postingan Populer