Pengalaman Ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

PENGALAMAN KE PERPUSNAS RI
 (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia)




Assalamualaikum wr.wb teman - teman ku. Apa kabar semuanya? Semoga kita semua baik - baik saja yaaa.. Aamiin 😊
    
     Kali ini, aku mau ceritain pengalaman aku ke perpustakaan nasional yang terletak di Jakarta Pusat di sebrang Monas(Monumen Nasional). Dan aku akan menjelaskan apa sih itu Perpustakaan Nasional?
Jadi, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta dan sebagian besar perkantorannya di Jalan Salemba Raya No. 28A.  
      Pada tanggal 14 September 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas baru yang merupakan perpustakaan nasional tertinggi di dunia dengan 27 lantai.

Nah, waktu aku pertama kali kesana itu aku sama temen - temen aku tuh naik Kereta Api Indonesia aku naiknya dari Stasiun Bekasi terus nanti turun di Stasiun Juanda itu harga tiketnya pulang pergi hanya Rp. 6.000 saja kok guys,waktu pertama berangkat sih kereta nya kosong tidak begitu padat jadinya aku sama temen ku bisa duduk. Lalu, keretanya berangkat itu dari jam 10.30 WIB jadinya udah kesiangan banget dan pas aku udah sampai di stasiun Juanda itu udah masuk waktu Dzuhur dan aku bersama teman ku sholat di Masjid Istiqlal karena suasana nya yang begitu sangat nyaman.
Lalu, aku langsung berangkat ke Perpusnas jadi aku naik Busway gratis karena lumayan kan enggak ngeluarin uang sama sekali heheheh😄 setelah itu,aku dan teman ku mulai naik busway nya dan aku turun di Monas karena Monas itu sangat luas sekali aku dan teman ku tidak tahu harus turun di Monas bagian mana,dan akhirnya aku nanya ke Satpol PP katanya itu aku dan teman - teman ku salah turun,harusnya aku turun di tempat pemberhentian Monas 2 jadinya aku jalan kaki di siang hari bolong demi ke Perpusnas untuk membaca buku dan membuat kartu anggota.

Dan akhirnya sampai juga, terus kita seneng banget tuh pas pertama kali ke Peprusnas bener - bener bangunannya tuh artistik banget dan bagus banget deh bikin aku betah.
Nih aku kasih liat bentuknya

Bagus banget kan guys? 
Lalu, pas aku masuk lagi itu bener - bener kita disambut yang namanya buku - buku tebel banget yang disusun secara rapih, pas aku pegang tuh yaaa itu buku yang udah lama banget loh guys.
Ini tuh banyak banget lantai nya guys,jadi tuh yang pake eskalator itu sampai lantai 4 terus untuk sampai ke lantai 27 itu harus menggunakan LIFT guys. Dan aku bersama teman ku ingin mendaftarkan diri sebagai anggota perpusnas dan pembuatannya itu gratis loh guys, dan hati - hati kalau kartu ini hilang,karena kita harus lapor ke polisi loh. Dan aku ke lantai 2 untuk pendaftaran, dan saat aku nanya ke mas - mas nya ternyata kuota untuk pendaftaran sudah habis dan saat aku lihat jam tangan ku ternyata sudah jam 14.15 WIB ya ampunn sudah siang banget. Nih aku kasih tau jadwalnya :

Senin - Kamis 08.30 - 18.00 WIB
Jumat 09.00 - 18.00 WIB
Kuota antrian layanan keanggotaan 500
Sabtu - Minggu 09.00 - 16.00 WIB
Kuota antrian layanan keanggotaan 400
Hari Besar Libur

Dan, sungguh aku sangat kecewa banget dong berasa sia - sia. Karena, aku dan teman ku ada tugas juga jadi lebih baik aku ke tempat bagian buku - buku nya karena disini tidak hanya untuk membca buku saja tetapi ada juga pameran - pameran kebudayaan Indonesia serta ada juga fasilitas untuk tempat bermain anak tetapi sambil belajar, pokoknya lengkap deh dan saat aku di lantai 20  disana banyak sekali mahasiswa atau mahasiswi yang mengerjakan skripsi atau tugas lainnya,karena disini tuh lengkap banget loh guys. Dan aku sama teman ku juga mencari buku tentang kewirausahaan dan akuntansi. Pokoknya buku nya lengkap banget deh guys. Terus setelah membaca buku dan mengerjakan tugas,aku ke lantai 27 itu lantai paling atas,dan aku foto - foto disana hehehe


Dan aku sama temen - temen aku bener - bener betah banget, dimulai dari fasilitas nya, keramahan pegawai disana, kemanannya, dan kebersihanya. Pokoknya disana kita dibuat betah agar kita sebagai warga Indonesia yang rata - rata malas untuk membaca jadi ingin membaca dan nyaman juga. Karena membaca itu jendela ilmu loh, jadi hanya karena membaca pengetahuan kita bisa luas,kita bisa tahu keadaan Indonesia bahkan sampai informasi di luar negeri pun kita tahu dengan kita membaca.
 "I read a book one day and my whole life was changed. – Orhan Pamuk"
Sekian itu pengalaman aku, semoga bermanfaat yaaa :) terima kasih.. Saranghae🙆
untuk mengetahui lebih lanjut tentang perpustaakaan nasional bisa klik disini



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer