MENGATASI GANGGUAN TERHADAP PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA



MENGATASI GANGGUAN TERHADAP 
PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

Hasil gambar untuk mengatasi gangguan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa


Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak sekali budayanya, bahkan berbeda – beda suku bangsa nya dari Sabang sampai Merauke. Indonesia mempunyai semboyan yang disebut Bhinneka Tunggal Ika artinya Berbeda – beda tetapi tetap satu jua. Kebhinekaan yang terjadi di Indonesia merupakan sebuah kota sekaligus tantangan, karena hal tersebut membuat Indonesia berbeda pendapat yang mengakibatkan emosinya lepas kendali. Masalah – masalah mendasar yang terjadi di dalam negeri antara lain upaya – upaya pengeroposan nilai – nilai Pancasila, tindak kekerasan dan anarkisme terkait agama. Selain itu, juga ada ancaman terorime, peredaran narkoba, penyelundupan dan perdagangan internal. Di Indonesia kita mempunyai TNI dan Polri yang menjadi salah satu kunci mengatasi masalah tersebut,tetapi  kita sebagai warga negara Indonesia harus bertanggung jawab juga untuk ikut berpartisipasi mengatasi terjadinya perpecahan atau gangguan di negara kita sendiri.

Hal yang harus kita tanggulangi dalam rangka mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ancaman. Ancaman adalah setiap upaya dan kegiatan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai mengancam atau membahayakan kedaulatan negara,keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.

Berikut ini cara untuk mengatasi nya :
a.   Mengamalkan nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari – hari
b.  Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa
c.    Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain
d.    Menggerolakan semangat Bhinneka Tunggal Ika sebagai persatuan bangsa
e.     Menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai konstitusi/UUD 1945
f.   Melaksanakan usaha pertahanan Negara sesuai dengan ketentuan dalam UU Nomor 3 Tahun 2002
g.  TNI dan Polri harus terbuka menerima kritik dari masyarakat sebagai masukan untuk perbaikan kinerja dan juga harus reponsif
h.    Kesiapan keamanan, baik stabilitas politik dalam negeri maupun luar negeri/regional
i.     Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara

            Itulah beberapa strategi atau cara mengatasi gangguan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,semoga negara kita ama dan tentram jangan sampai terpecah belah,karena kita harus mengingat jasa para pahlawan kita dalam mempertahankan negara tercinta ini,jangan sampai negara kita terpecah belah hanya karena adu domba dari pihak luar.





REFERENSI :
1. https://guruppkn.com/upaya-menjaga-keutuhan-nkri
2. https://www.academia.edu/21543816/STRATEGI_INDONESIA_DALAM_MENYELESAIKAN_ANCAMAN_TERHADAP_NEGARA
3. http://presidenri.go.id/berita-aktual/sinergi-mengatasi-bahaya-pengeroposan-pancasila.html

Komentar

Postingan Populer